Senin, 02 Januari 2012

AGAMA, SEJARAH AGAMA, KONSEP MANUSA



Apakah agama itu?
        Ada tiga istilah yang berkaitan dengan agama, yaitu: Agama, religi dan din. Kata agama berasal dari bahasa sangsekerta yang akar gam artinya pergi. Kemudian akar kata gam tersebut mendapat awalan a dan akhiran a, maka terbentuklah kata agama artinya jalan. Pendapat lain menyatakan bahwa kata agama berasal dari bahasa Sansakerta yang akar katanya adalah a dan gama. A artinya tidak dan gama artinya kacau
Kata religi –religion dan religio, secara etimologi menurut Winkler Prins dalam Algemene Encyclopaedie berasal dari bahasa latin, yaitu dari kata  religere atau religare yang berarti terikat, maka di maksudkan orang yang ber-religi adalah orang yang senantiasa merasa terikat dengan sesuatu yang di anggap suci.
        Kata din- secara etimologi berasal dari bahasa arab, artinya: patuh dan taat, undang-undang, peraturan dan hari kemudian. Orang yang ber-din adalah orang yang patuh dan taat terhadap peraturan dan undang-undang Allah untuk mendapatkan kebahagiaan di hari kemudian.

SECARA TERMINOLOGI
        Agama, religi, atau din adalah suatu kepercayaan atas adanya yang agung di luar manusia dan sesuatu tata penyembahan kepada yang agung tersebut serta suatu tata kaidah yang mengatur hubungan manusia dengan yang agung, manusia dengan manusia dan hubungan manusia dengan alam lain sesuai dengan tata kepercayaan dan tata penyembahan.
        Weber mengatakan, bahwa agama dapat mendukung perkembangan kemajuan  kehidupan manusia.
Durkheim mengatakan, bahwa agama dapat memperteguh solidaritas sosial.
        Menurut  karl mark agama adalah inti dari sebuah dunia yang kejam.
B. SEJARAH MUNCULNYA AGAMA
        Sejarah munculnya agama sama tuanya dengan sejarah manusia. Adam yang oleh umat Islam diyakini sebagai manusia pertama adalah Nabi Allah, pembawa agama pertama di muka bumi.

1. Agama Yahudi
        Sejarah agama Yahudi berasal dari ajaran Nabi Ibrahim AS,  seorang nabi yang juga diakui sebagai nabinya orang Kristen dan orang Islam. Nabi Musa AS adalah bapak yang sesungguhnya orang Yahudi. Ia pendiri sebenarnya sistem agama Yahudi.
        Dalam Agama Yahudi, Nabi Isa AS dan Nabi Muhammad SAW tidak diakui oleh orang Yahudi sebagai pembawa pesan ilahi. Nabi Isa adalah orang Yahudi yang tidak terkenal. Ia berdakwah kepada bangsanya sendiri, bangsa Yahudi. Karena itu umat Nabi Isa AS (umat Kristen) adalah Yahudi sepenuhnya. Sulit untuk membedakan pengikut awal Kristen dengan orang-orang Yahudi yang taat.

2. Agama Kristen
        Istilah “Kristen” itu sendiri berasal dari kata Yunani, Christos. Sementara kata Chistos merupakan terjemahan dari bahasa Ibrani, Mesias. Mesias berarti juru selamat mereka yang diharapkan kedatangannya. Di kalangan umat Islam, kata itu diterjemahkan sengan “al-Masih”, sementara di kalangan umat Kristen diterjemahkan dengan “Kristus”.
                Ajaran Kristen tentang keesaan Tuhan selanjutnya berkembang menjadi ajaran Trinitas, yang mengakui adanya Tuhan Bapak, Tuhan Yesus, dan Ruh Kudus.


3. Agama Islam
        Ajaran Tuhan yang Esa,  yang dibawa Nabi Ibrahim AS lalu dilanjutkan oleh Nabi Muhammad SAW di tanah Mekkah. Ia mewarisi peninggalan Nabi Ibrahim AS, yaitu Ka’bah, yang dibangun bersama keluarganya di Mekah sebagai simbol pengagungan Keesaan Tuhan.
        Kedatangan Nabi Muhammad SAW adalah untuk memurnikan keyakinan agama musyrik itu dengan tauhid bahwa tidak ada tuhan selain Allah (laa ilaaha illallah). Dengan demikian ajaran Islam yang dibawa Nabi Muhammad SAW adalah untuk membuang jauh-jauh keyakinan tentang adanya banyak tuhan dan menegaskan hanya ada satu Tuhan yaitu Allah SWT.

C. KONSEP MANUSIA DALAM AGAMA YAHUDI
        Agama Yahudi dianggap sebagai salah satu agama monotheis, yang menyatakan dirinya sebagai agama tertua di dunia ini dan berasal dari Nabi Ibrahim As. Menurut agama yahudi manusia adalah:
  1. Makhluk yang mempunyai 2 sisi kelemahan dan keistimewaan.
  2. Kehidupan manusia di dunia sangatlah hina jika di bandingkan kehidupan surgawi.
  3. Manusia hidup di dunia sangatlah singkat.
  4. Asal usul manusia sebenarnya sangat mulia,namun manusia sering kali terpelosok kedalam kehinaan.
  5. Manusia adalah makhluk yang punya kehendak bebas serhingga ia dapat menentukan apa yang ia inginkan melalui usahanya.

D. KONSEP MANUSIA DALAM AGAMA KRISTEN
        Agama Katolik yang dimaksudkan adalah sebutan untuk agama Kristen yang berpusat di Vatikan,Roma. Agama katolik (katolikos: Yunani).
Pengertian lain dari “Katolik” adalah nama bagi ajaran gereja yang dipandang “Benar”.
        Menurut agama kristen manusia adalah:
  1. Makhluk tuhan yang pada mulanya di ciptakan sesuai dengan gambar Allah ,
  2. Tubuh dan jiwa manusia di ciptakan oleh tuhan.
  3. Jiwa manusia itu berakal,dapat mengetahui,berkehendak dan dapat memilih dengan bebas.
  4. Jiwa itu berwujud ruh dan tak akan mati.
  5. Ruh manusia sebagai ciptaan tuhan lebih tinggi kedudukan daripada ciptaan-ciptaan lainnya.
  6. Beban hidup di dunia adalah karunia ujian,sekaligus hukuman bagi manusia.

E. KONSEP MANUSIA MENURUT AGAMA ISLAM
        Ada 4 kata yang digunakan untuk menunjukkan arti manusia dengan berbagai Implikasinya, yaitu:
        Kata Al insan atau an-nas jamaknya Unas, Al basyar(Semangat) dan Bani adam(Keturunan).
        Menurut agama islam, manusia adalah:
  1. Makhluk yang terdiri dari jiwa/ ruh dan raga.
  2. Raga besifat fana/rusak, sedangkan ruh senantiasa abadi,
  3. Manusia di ciptakan Allah dari tanah selanjutnya dari air mani,
  4. Manusia adalah makhluk yang paling mulia jika dibandingkan makhluk lain namun terkadang ia terpelosok kedalam kehinaan,
  5. Kehidupan manusia di dunia hanyalah ujian untuk menggapai kehidupan kekal di akhirat.
  6. Manusia dalam hakikatnya selalu condong dalam kebaikan.

1 komentar: